BINTEK COUNTER OPINI POLDA DI YOGYAKARTA

BINTEK COUNTER OPINI POLDA DI YOGYAKARTA

GUNUNGKIDUL - Untuk menghadapi banyaknya opini bohong/HOAX yang beredar di masyarakat, Polda DI Yogyakarta melaksanakan Bintek Counter Opini.

Counter opini merupakan pengolahan kembali berita atau konten-konten palsu, yang lebih dikenal dengan HOAX menyerang suatu institusi baik lembaga maupun perorangan, yang menimbulkan  kebingungan masyarakat, sehingga menjadi informasi yang jelas dengan berdasarkan fakta dan bukti yang bisa dipertanggung jawabkan.

Diawali sambutan dari Bapak Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto S.I.K, "Tujuan dari pembinaan ini adalah memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang bagaimana caranya untuk menyikapi berita negatif di media sosial, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat"

Menghadirkan narasumber Bapak Iwan Maskun, Project Coordinator ICITAP dari United States Department of Justice Internasional Criminal Investigative Training Assistance Program (USDOJ/ICITAP) Indonesia, Kedutaan Besar AS Jakarta. 

"Tujuan dari diadakanya pelatihan ini antara lain adalah untuk memberikan pengetahuan kepada peserta bagaimana penggunaan media sosial bagi penegak hukum, pengelolaan informasi yang baik, analisa pembuatan pesan dan bisa mengerti tentang manajemen media sosial."

"Unsur dari sosial media meliputi 3S, yaitu sosial share speed. Apa itu?

S yang pertama adalah sosial, tujuan dari dibuatnya media sosial tersebut adalah untuk bersosialisasi di dunia maya melalui akun2 media sosial dengan masyarakat luas. 

S yang kedua adalah share, sosial media di buat bertujuan untuk menshare atau membagikan pengalaman ataupun berita berita ke sesama pengguna sosial media lainya. 

S yang terakhir adalah speed, disini speed merupakan komponen penting dari sosial media apabila sosial media tersebut bertujuan untuk memberikan info penting berkaitan dengan suatu peristiwa karena apabila  kecepatan respon semakin cepat maka semakin cepat pula masyarakat merasakan pelayanan yang diberikan oleh Polisi, jadi 3S tersebut saling berkaitan satu sama lain." Iwan Maskun menjelaskan.

Kegiatan yang berlangsung Rabu, 15 Agustus 2018 di Aula Pam Obvit Polda DI Yogyakarta tersebut juga dihadiri oleh para Kasi Humas Polres/ta jajaran.  (Hms Res Gnk)