DESA SIDOHARJO GELAR SIMULASI BENCANA TSUNAMI

DESA SIDOHARJO GELAR SIMULASI BENCANA TSUNAMI

TEPUS - Senin (29/8/2017) wilayah pantai Selatan tiba-tiba diguncang gempa hebat, masyarakat segera berhamburan keluar rumah. Adanya peringatan dari pihak yang berwenang bahwa akan terjadi bencana tsunami di pantai selatan. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan segera berkumpul di titik evakuasi.


Petugas dari BPBD dan Kapolsek Tepus AKP Moh.Jusuf Tianotak.S.Kep. segera memerintahkan anggotanya untuk segera mengevakuasi para korban ke tempat yang lebih aman, sedangkan korban yang luka-luka mendapat pertolongan dan perawatan dari tim medis, berkat kesiapsiagaan warga dan BPBD dibantu Instansi lain, maka para korban dapat diselamatkan dalam bencana tsunami tersebut.


Kejadian ini hanyalah bentuk simulasi kejadian bencana alam gempa bumi yang diikuti tsunami di pantai Slili, Sidoharjo,Tepus. Acara ini sebagai terwujudnya Desa Tanggap Bencana (Destana) yang dicanangkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Gunungkidul.Menurut Kepala BPBD G.kidul Bpk Budi Harjo.


Acara ini bertujuan untuk menanggulangi maupun meminimalisir korban bila terjadi bencana alam, misalnya tanah longsor, gempa bumi. tsunami dan bencana lainnya. Masyarakat juga dihimbau agar setelah diadakannya simulasi ini nantinya masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi bencana alam


Acara ini dihadiri oleh Gubernur DIY yang mewakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Diy. Bupati Gunungkidul ada yang mewakili Asisten 1 Agus Praskoro Kab.G.kidul. Kapolres Gunungkidul yang mewakili Kabag Ren Kompol Sudarno.SH, Camat Tepus dan Tjgsari Kapolsek.Tepus dan Tjgsari Danramil Tepus , Kepala Desa Sidoharjo,Tepus dan Desa Banjarejo,Tepus dan tamu undangan lainnya.Dalam acara ini Polsek Tepus mengerahkan 15 personilnya demi kelancaran ini,dan dipimpin oleh Ipda Sutarno Acara berlangsung tertib, aman dan lancar.      (Hms Sek Tepus)