IKABA POLRI 2002 SPN BANYUBIRU BAKSOS DI GUNUNGKIDUL

IKABA POLRI 2002 SPN BANYUBIRU BAKSOS DI GUNUNGKIDUL

GUNUNGKIDU - Selasa, (28/8/2018), Akibat kemarau panjang banyak daerah di Gunungkidul mengalami krisis air bersih, dikarenakan  mata air debitnya berkurang sehingga warga banyak mencari sumber air jaraknya ratusan meter. Ada sebagian warga untuk menenuhi kebutuhab air bersih terpaksa mengurangi menjual ternaknya untuk membeli air bersih kebutuhan sehari-hari.

Daerah yang mendapat perhatian serius akan kebutuhan air bersih sebagian wilayah Tepus, sebagian wilayah Rongkop dan Girisubo. Hal tersebut tentunya harus mendapat perhatian pihak pemerintah maupun swasta untuk mengatasi menyusutnya debit mata air di Gunungkidul.

Bripka H Herman Sat Intelkam Polres Gunungkidul selaku Ketua Ikaba Polri tahun 2002, mengatakan untuk meringankan beban warga yang mengalami kesulitan air bersih, pihaknya beranggotakan 400 personel, namun perwakilan yang melakukan baksos di Gunungkidul 20 personel.

Bripka H Herman menambahkan baksos yang dilakukan menyumbang air bersih 45 tengki dan membagikan paket bingkisan sembako. 45 Tengki air bersih terbagi di tiga tempat diantaranya Tepus, Rongkop dan Girisubo.

Baksos yang ia lakukan kata Bripka Herman, rutin setiap tahun dilakukan, dengan tujuan bisa meringankan beban warga masyarakat. Baksos seperti ini menurut rencana akan dilaksanakan laksanakan dikemudian hari, imbuh Herman.

Herman mengatakan selain baksos bantuan droping air bersih, juga dilakukan pemberian bantuan paket sembako kepada warga Karangwuni, Rongkop imbuhnya. (Hms Res Gnk)