KOORDINASI DAN SINKRONISASI TAHAPAN PEMILIHAN BUPATI / WAKIL BUPATI GUNUNGKIDUL TAHUN 2020

KOORDINASI DAN SINKRONISASI TAHAPAN PEMILIHAN BUPATI / WAKIL BUPATI GUNUNGKIDUL TAHUN 2020


WONOSARI- Kamis (22/10/2020) bertempat di Limasan Kembar Pak Kumis Kidul Tlogo Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul telah dilaksanakan kegiatan Coffee Morning dan Koordinasi dan Sinkronisasi Tahapan Pemilihan Bupati / Wakil Bupati Gunungkidul tahun 2020 dalam Pandemi Covid - 19.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan, S.I.K , Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos , Sekda Gunungkidul Ir. Drajad Ruswandono MT, Dandim 0730/GK Letkol Inf Noppy Laksana Armianto, SH, Ketua KPU Gunungkidul, Kepala Dishub Gunungkidul/PLT Kepala Kesbangpol, Kasat Intelkam Polres Gunungkidul, Kasi Intel Kejari Wonosari, Ketua Bawaslu Gunungkidul, Komisioner KPU Gunungkidul, Komisioner Bawaslu Gunungkidul, PLT Kasat Pol PP selaku Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19, Dinas Kesehatan Gunungkidul, LO Paslon Nomor 1, LO Paslon Nomor 3, dan Ketua Tim pemenangan dan LO Paslon Nomor 4.

 

Dalam sambutannya Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, S.Pd.I menyampaikan bahwa Coffe Morning ini bertujuan Silaturahim dan koordinasi pelaksanaan tahapan Kampanye yang telah berjalan.Tahapan pilkada sampai saat ini berjalan aman dan tertib selanjutnya berharap ada masukan dari unsur forkompimda.Beberapa masukan dari masyarakat terkait pemasangan APK menghimbau kepada tim pemenangan agar kedepan pemasangan APK lebih tertib dan lebih.Agar setiap kampanye tatap muka maupun sosialisasi tim pemenangan menyampaikan STTK kepada KPU maupun BawasluSosialisi terhadap masyarakat untuk disiplin menerapakan protokol kesahatan untuk menarik simpati masyarakat ke TPS dalam menggunakan hak pilihnya. Tanggal 27 Oktober 2020 Melaksanakan Debat Calon Bupati namun adanya regulasi dilaksanakan di Gedung dan dihadiri bebrapa orang kami menghimbau tim pemenangan tertib terhadap aturan tersebut.

 

Bupati Gunungkidul  Hj. Badingah, S.Sos menyampaikan bahwa menindaklanjuti dalam rangka kegiatan kampanye telah diterbitkan Perbub Nomor 91 tahun 2020 pertimbangan pelaksanaan tahapan Pilkada yang mengacu pada PKPU. Diharapakan Kampanye dapat menggunakan media sosial maupun berbasis IT dan dalam hal tersenut menghindari dengan bahasa provokatif.Kepatuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Kampanye harus ditingkatkan dan Tim pemenangan harus mengerti dengan netralitas ASN maupun pegawai pemerintahan yang kita kedepankan. Koordinasi kepada pemangku kebihljakan tetap dilaksanakan untuk mengevaluasi jalannya Pilkada.

 

Kapolres Gunungkidul  AKBP Agus Setiawan, S.I.K  berharap pelaksanaan Pilkada Kabupaten Gunungkidul dapat berjalan aman tetib, damai dan kondusif. Perlu kita evaluasi bersama pelaksanaan Kampanye sampai saat ini serta penerapan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.Polres Gunungkidul menghimbau pada Debat Calon Bupati yang rencananya akan diselenggarakan di TVRI agar tidak ada pengerahan massa yang ikut kesana. Polres Gunungkidul akan tetap melaksanakan koordinasi dengan Forkompida dan KPU maupun Bawaslu dalam pengamanan Pilkada.

 

Kegiatan coffee morning merupakan silaturahmi Forkopimda Gunungkidul dengan pelaksana Pilkada ( KPU / Bawaslu ) serta penyamaan persepsi dalam menghadapi tahapan Kampanye Pemilihan Bupati / Wakil Bupati Gunungkidul tahun 2020 supaya tidak muncul konflik ataupun kerawanan kamtibmas.

 

Bahwa setiap tahapan memiliki kerawanan tindak pelanggaran pemilu tersendiri, bilamana ditemukan pelanggaran dari Bawaslub akan terima laporan dan pengaduan untuk dilaksanakan investigasi guna kumpulkan kelengkapan formil dan materilnya.

 

Pada pelaksanaan Tahapan Kampanye Pemilihan Bupati / Wakil Bupati Gunungkidul tahun 2020 akan muncul pelanggaran Pemilu, terkhusus Protokol Kesehatan sehingga perlu kerjasama yang baik antara Bawaslu dengan Gugus Covid - 19 untuk memberi tindakan tegas serta mengantisipasi pelanggaran tersebut.