LATIHAN DALMAS MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERORANGAN MAUPUN KEKOMPAKAN

LATIHAN DALMAS MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERORANGAN MAUPUN KEKOMPAKAN

GUNUNGKIDUL - Polres Gunungkidul untuk meningkatkan kemampuan perorangan maupun dalam bentuk kelompok,  Senin pagi, (22/1/2018) melaksanakan latihan Dalmas awal. Peserta latihan Kompi Dalmas awal personel gabungan Bag, Sat,  Fungsi Polres Gunungkidul dan personel Polsek jajaran, latihan dengan melibatkan 108 personel.

Kabag Sumda Polres Gunungkidul Kompol Widiyanto, SH, yang didampingi Kanit Dalmas Sat Sabhara, Ipda Kasta, mengatakan latihan Dalmas awal tersebut merupakan suatu program Satuan Polres Gunungkidul. Latihan tersebut hanya untuk meningkatkan kemampuan perorangan maupun kekompakan sehingga dalam gerakan Pelton maupun Kompi ada keterpaduan.

Kompol Widiyanto, SH, menambahkan selain tim Kompi Dalmas awal personel gabungan, pihaknya juga akan melakukan pengembangan latihan yang personelnya dari Peleton elit Sabhara yaitu Pelton Raimas dan Pelton Polwan.

Widiyanto, SH, mengapa dibentuknya  Ton Raimas dan Ton Polwan,  hal ini dipandang sangat fleksibel dalam menghadapi situasi chaos di lapangan, bisa diantisipasi dengan mudah oleh Polwan, dikarenakan secara kodrat wanita dalam mengadapi massa bisa dengan halus dan bisa dengan tegas namun humanis.

Kanit Dalmas Sat Sabhara Polres Gunungkidul Ipda Kasta menambahkan, selain latihan hanya untuk meningkatkan kemampuan, Polres Gunungkidul juga akan membentuk Kompi Dalmas penuh yang dipersiapkan untuk menghadapi tahun politik mendatang. Dibentuknya Dalmas sejak dini dengan harapan apabila berbenturan dengan hal  yang tidak diinginkan bisa melaksanakan tugas dengan baik tidak menyalahi SOP yang berlaku, imbuh Ipda Kasta.        (Hms Res Gnk)