PENCURIAN TRUCK BERHASIL DIUNGKAP

PENCURIAN TRUCK BERHASIL DIUNGKAP

GUNUNGKIDUL - Komplotan pencuri Truck tkp Ngawen, Gunungkidul, sekitar bulan Desember 2017 dan Februari 2018 berhasil diringkus Tim Progo Sakti Polda DIY. Pengungkapan kasus tersebut 7 orang berhasil diamankan petugas di tempat berbeda, 1 orang diserahkan ke Polres Bantul, karena melakukan pencurian di wilayah Bantul.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady,bSH,SIK, MH, mengatakan, pengungkapan kasus tersebut  berdasarkan laporan atas dua kasus pencurian Truck Dump AD 1497 HJ  tkp  Jentir,  Sambirejo,  Ngawen,(01/2/ 2018) dan  Truck Dump AB 8015 MD di Wiladeg Karangmojo pada 14 Desember 2017.

Berdasarkan laporan tersebut Unit Reskrim Polres Gunungkidul langsung melakukan lidik. Akhirnya,  pada 16 Februari 2018. Tim gabungan Jatanras Polda DIY dan Unit Buser Polres Gunungkidul mendapat informasi bahwa salah satu pelaku berada di Slawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, petugas langsung melakukan pengejaran, akhirnya sekitar pukul 23.00 WIB pelaku, TT (51) berhasil diringkus di Krapyak, Slawi, Jawa Tengah.

Inisial TT, setelah berhasil ditangkap petugas mengembangkan dan memperoleh informasi bahwa saat melancarkan aksinya pelaku dibantu oleh tiga orang temannya. Mereka adalah Ya, AN dan DT yang merupakan warga Kediri Jawa Timur.
Petugas langsung mencari keberadaan pelaku di wilayah Kediri. Dibantu tim dari Polres Kediri petugas berhasil mengamankan DT.

Diketahui pula, dalam melancarkan aksinya YA berperan sebagai pengemudi truk hasil curian. AN yang merupakan anak YA berperan sebagai pencari sasaran dia hafal medan di Gunungkidul. Kemudian DT bertugas mengawasi dan mendorong Truck curian.

Pelaku yang terlibat adalah AR (40), SH (43), HR, SP dan JS (45). mempunyai peran sendiri-sendiri. Ada yang membeli dan ada yang sebagai tempat penitipan kendaraan hasil curian. 7 orang pelaku dibawa ke Mapolres Gunungkidul untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

 Sejumlah barang bukti
yang diamankan 1 truk dengan nopol AB 1497 HU, Toyota Avanza dan dua kunci leter T.
Komplotan Pencuri Merupakan Penjahat Lintas Provinsi, dalam mengakuan pernah beroperasi di Bantul, Ciamis, Kendal dan Gunungkidul. Satu pelaku kami serahkan ke Polres Bantul  atas nama HR karena terlibat kasus pencurian Truck di Bantul. (Hms Res Gnk)