PENYULUHAN PENYAKIT DIFTERI ANGGOTA POLRES GUNUNGKIDUL OLEH BIDDOKKES POLDA DIY

PENYULUHAN PENYAKIT DIFTERI ANGGOTA POLRES GUNUNGKIDUL OLEH BIDDOKKES POLDA DIY

GUNUNGKIDUL - Anggota Polri dan PNS Polres Gunungkidul mendapat penyuluhan tentang penyakit Difteri dari Biddokkes Polda D.I. Yogyakarta, Kamis pagi, (25/1/2018), bertempat di GOR Mapolres Gunungkidul. Penyuluhan kesehatan oleh AKBP dr Defina dan didampingi oleh tim medis dari Biddokkes Polda D.I. Yogyakarta.

Penyuluhan penyakit Difteri tersebut, untuk tujuan seluruh anggota Polri dan PNS Polres Gunungkidul, mengerti dan paham akan gejala ciri- ciri, akibat dari penyakit tersebut.

Biddokkes Polda D.I. Yogyakarta  AKBP dr Defina, mengatakan  penyebaran Difteri, penyakit infeksi yang disebabkan kuman Corynebbacterium Diphtheriae yang ditandai dengan adanya peradangan pada tempat infeksi terutama pada selaput bagian dalam saluran pernafasan bagian atas, hidung dan juga kulit. Penyakit ini sangat mudah menular  dan berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada penderita.

AKBP dr Defina, menambahkan, apabila anggota maupun PNS Polri Polres Gunungkidul, yang mengalami gejala suara serak, hidung berair, tenggorokan terasa sakit nyeri saat menular, kesulitan bernafas atau sesak nafas disertai bunyi (stridor) , diharap berkonsultasi dengan petugas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang benar.

dr Defina memberikan tips kesehatan, cara mencegah Difteri yaitu dengan cara Imunisasi dasar lengkap sejak usia dini. Hindari kontak langsung dengan penderita Difteri, cuci tangan yang benar, membersihkan lingkungan rumah dan pekarangan serta makan bergizi, olahraga yang rutin, imbuhnya. ( Hms Res Gnk)