POLRES GUNUNGKIDUL LAKUKAN PANTAUAN HARGA SEMBAKO DI PASAR-PASAR TRADISIONAL

POLRES GUNUNGKIDUL LAKUKAN PANTAUAN HARGA SEMBAKO DI PASAR-PASAR TRADISIONAL

GUNUNGKIDUL-Mengantisipasi melambungnya harga sembilan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan para pedagang pasar Argosari, pasar Besole Wonosari Gunungkidul. Sat Reskrim dan Intelkam Polres Gunungkidul melakukan pemantauan harga Rabu, 24 Mei 2017.


Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Rudi Prabowo, S.I.K, menjelaskan dari hasil pantauan yang dilakukan oleh anggotanya dan Fungsi Sat Intelkam didapati harga 9 (sembilan) bahan pokok cenderung stabil, namun untuk harga cabe merah dan bawang putih masih tinggi. Cabe rawit Rp 60.000,- sampai Rp Rp 70.000,- per kg sedangkan harga bawang putih berkisar Rp 54.000,- sa,pai Rp 70.000,-. Pantauan langsung kepada pedagang di pasar wilayah Wonosari dan sekitarnya, diharapkan untuk para pedagang pasar pengepul dan pengecer untuk mengikuti HET ( Harga Eceran Teringgi) yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.


AKP Rudi Prabowo, S.I.K, menambahkan dengan adanya pedagang yang menjual komodite yang terlalu tinggi yaitu cabe rawit dan cabe merah serta bawang putih. Pemasoknya dilakukan BA interogasi sampai distributor serta alur transportasi berapa sebenarnya biaya operasionalnya. Sat Reskrim Polres Gunungkidul langkah yang dilakukan antisipasi melonjaknya harga 9 bahan pokok tetap mengedepankan himbauan, apabila adanya oknum pedagang bandel ya terpaksa ditindak sesuai hukum yang berlaku.


Untuk  mengetahui langsung harga 9 bahan pokok di pasar wilayah jajaran, diminta Unit Reskrim Polsek melakukan pantauan di wilayahnya masing-masing. Kedepankan dulu sosialisasi HET ( Harga Eceran Tertinggi) sesuai patokan Pemerintah namun apabila tidak bisa  koordinasikan Instansi  yang membidangi, demikian pungkasnya Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Rudi Prabowo, S.I.K. ( Hms Res Gnk)