RAPAT KOORDINASI LINTAS SEKTORAL,MANTAPKAN PENGAMANAN HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

RAPAT KOORDINASI LINTAS SEKTORAL,MANTAPKAN PENGAMANAN HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

WONOSARI, Persiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1438 H, Selasa, 13 Juni 2017, dilakukan Rakoord ( Rapat Koordinasi) lintas sektoral, yang diikuti dari/Polri, TNI,  Instansi Pemerintah/swasta Gunungkidul dan dari elemen masyarakat lainnya, bertempat di Ruang rapat Kabupaten Gunungkidul.

Wakil Bupati Gunungkidul Doktor  Drs Immawam Wahyudi  MH, dalam penyampaiannya diantaranya mencermati situasi kamtibmas akhir-akhir ini di Gunungkidul, diharapkan diantisipasi para pendatang yang membawa paham, pengaruh radikalisme, warga masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan, apabila menjumpai paham Radikalisme  diharapkan menginformasikan pihak yang berwajib. Menghadapi kunjungan wisata kedepan, semua pihak berperan dengan baik agar wisatawan terasa aman nyaman. Hindari penunjuk jalan ilegal yang dapat memperburuk citra Gunungkidul. Wakil Bupati untuk mengantisipasi cuaca ekstrim seperti adanya ubur-ubur Dinas Kesehatan  untuk mempersiapkan diri, khusus untuk Dinas Pariwisata dan Pok Darwis mempetakan daerah rawan gempa dibwilayah pantai.

Sedangkan Kapolres Gunungkidul AKBP Muhammad Arif Sugiarto,S.I.K, M.PP, dalam rapat koordinadinasi menyampaikan bahwa koord lintas sektral kali ini adalah menyamakan persepsi untuk bersama-sama melakukan pengamanan pada hari Raya Lebaran( Idul Fitri 1438 H). AKBP Muhammad Arif Sugiarto, S.I.K, M.PP, menambahkan kegiatan ini juga merupakan tukar informasi antar Instansi dalam konsep pengamanan lebaran yang akan datang, dan pihaknya mengajak Instansi terkait maupun elemen masyarakat lainnya mengkombinasikan pengamanan sesuai perannya agar pengunjung wiasata terasa aman nyaman.

Kabag Ops Kompol Alaal Prasetyo ,S.I.K, dalam paparannya pengamanan hari Raya Lebaran Idul Fitri 1438 H, nanti didirikan Pos Pelayanan 4 tempat, Pos Pengamanan 2 tempat dan Pos Terpadu 1 tempat, sedangkan Pos Pantau jalur serta Pos Pantau Wisata ada 23 Pos. Khususnya jalur wisata pantai selatan untuk mengurangi kemacetan kendaraan direncanakan arus lalu lintas satu jalur.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul Syarif Armunanto, M,Si, menyampaikan sesuai kewenangan akan mempublikasikan tetkait pengamanan lebaran dan menyiapkan Pos Pelayanan di tempat strategis. Untuk antisipasi sarana prasarana angkutan, keselamatan lalu lintas serta pelanggaran tarif angkutan, pihaknya akan melakulan pengawasan secara intensif.

Kasat Lantas Polres Gunung AKP Samiyono, untuk mengantisipasi kemacetan di jalur wisata pantai selatan direncanakan satu arah dikhususkan Bus besar sedangkan mobil selain Bus diberlakukan 2 arah. Kasat Lantas dalam menjawab pertanyaan peserta rapat masalah parkir agar adanya koordinasi para Pokdarwis dan juru parkir yang sinergis.

Untuk SAR pantai dengan kekuatan 57 personel dan siap mengamankan pengunjung pantai, di 11 Pos pantai. Diharap adanya kendaraan mendukung dari Dinas  kesehatan. Dinas Kesehatan Kab Gunungkidul menyampaikan Pos Hargodumilah, Gunung api Purba, Pos bundaran Siyono, Pantai Ngrenehan, Srigethuk, Pulang syawal dan di Pos Yan,  Pos Pam disiapkan tenaga medis beserta armadanya.

 Salah satu pemilik SPBU yang ada di Gunungkidul Ibu Sri  menyampaikan bahwa untuk Gas dan bahan bakar dijamin aman namun meminta pihak keamanan di lokasi SPBU menjelang dan setelah hari Raya Lebaran selalu dipantau pengamannya.

Mengantisipasi tumbangnya pohon di tepi jalan Wonosari - Yogyakarta, Kepala BPBD Kab Gunungkidul menyampaikan siap koordinasi dengan Instansi terkait dan Pihak Polsek Playen. Diakhir acara Wakil Bupati Gunungkidul mewanti wanti jangan menaikan tarif parkir yang sudah ditentukan dan memungut biaya lain-lain atau ilegal dengan alasan lain, apabila nekad akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. Komandan Kodim 0730 Letkol Infantri Muhammad Taufiq Hanif Y, S.Sos, menyampaikan diharapkan semua pihak meningkatkan kewaspadaan terhadap pendatang baru yang membawa paham radikalisme kita jangan sampai kecolongan dikian pungkasnya. ( Hms Res Gnk)