UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DIMAPOLRES GUNUNGKIDUL

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DIMAPOLRES GUNUNGKIDUL

GUNUNGKIDUL, Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di Mapolres Gunungkidul, dengan Inspektur Upacara Wakapolres Gunungkidul Kompol Verena Sri Wahyuningsih, SH, M.Hum. Upacara diikuti para pejabat Utama, Perwira Staf, Brigadir dan PNS Polres Gunungkidul, Kamis pagi, 1 Juni 2017.

Wakapolres Gunungkidul Kompol Verena Sri Wahyuningsih, SH, M.Hum, dalam amanatnya membacakan sambutan Presiden RI, diantaranya adalah Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang pertama kalinya, upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk bangsa Indonesia keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, itulah kebhinneka tunggal ikaa-an kita.

Dalam amanat yang menegaskan tidak ada pilihan lain kecuali semua harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila dan harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur, bermartabat dimata Internasional. Yang harus diwaspadai segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi dan gerakan yang anti Pancasila dan UUF 1945, NKRI, anti Bhinneka tunggal ika.

Upacara yang menjadi lain daripada yang lain adalah selesainya upacara, semua Perwira melakukan yel yel secara bersama sama yaitu selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila, Semua anda Indonesia, Semua anda Pancasila, Saya Indonesia. Saya Pancasila. ( Hms Res Gnk)