VICON PENYAMPAIAN HASIL EVALUASI & PENGHARGAAN PELAYANAN PUBLIK LINGKUP POLRES/POLRESTA TAHUN 2020

VICON PENYAMPAIAN HASIL EVALUASI & PENGHARGAAN PELAYANAN PUBLIK LINGKUP POLRES/POLRESTA TAHUN 2020

WONOSARI – Selasa tanggal 16 Februari 2021 pukul 09.00 WIB telah berlangsung Vicon Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Publik Lingkup Polres/Polresta Tahun 2020 di ruang Aula Patriatama dan PPKO Polres Gunungkidul, Alhamdulillah Polres Gunungkidul mendapatkan predikat penghargaan sebagai pelayanan sangat baik dengan nilai A- di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Wakapolres Gunungkidul Kompol Supriantoro S.H.,S.I.K serta jajaran Pejabat Utama Polres Gunungkidul.

Pelayanan Publik sendiri mencakup, SPKT, Sat Reskrim, Sat Sabhara, Sat Lantas, Sat Intel. Dari beberapa bagian tersebut SPKT tempat dimana untuk melakukan pembuatan laporan kehilangan dari barang terkecil hingga barang terbesar. Untuk Sat Reskrim di lakukan pelayanan untuk penanganan kasus tindak pidana Konvensional maupun Non-Konvensional untuk membatu masyarakat. Sat Sabhara melakukan tupoksi sebagai ujung tombak Polri, dari Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli di lingkungan masyarakat. Sat Lantas sebagai pelayanan prima kepolisan seperti pembuatan SIM, Mutasi Kendaraan maupun BPKB serta Perpanjangan Pajak Tahunan Kendaraan. Sat Intel sendiri mungkin cukup asing, ternyata tidak di Sat Intel sendiri Pelayanan kepada masyarakat melalui Peizinan kegiatan masyarakatan dari kecil hingga besar dan jangan lupa kalian jika membuat SKCK serta Pembacaan sidik jari melalui Sat Intelkam loh!

 

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa layanan publik yang prima adalah salah satu keunggulan birokrasi reformasi, sangat dibutuhkan oleh sdm yang unggul untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal, mengajak polri untuk terus semangat dan berkarya menerapkan disiplin prokes dan hidup sehat.

 

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. sebagai Kapolri juga menambahkan bahwa terus meningkatkan yanlik yang prima memberikan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat, yang mana dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara online bisa dilakukan dari rumah, semoga hal tersebut kedepan dapat segera diwujudkan serta ucapan apresiasi terhadap 12 Polres  yang mendapat predikat A dalam telah memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

 

Kegiatan tersebut dalam rangka Penyampaian Hasil Evaluasi dan pemberian penghargaan kepada polres, polresta, dan polrestabes yang berhasil meraih predikat A atau Pelayanan Prima oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dari Hasil evaluasi tahun 2020 yang mana terdapat 12 polres berhasil mendapatkan penghargaan Pelayanan Prima.

 

Evaluasi yang dilakukan Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB  dikakukan pada 209 pelayanan publik di polres berbagai daerah yang mana terdapat enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 17/2017. Enam aspek tersebut adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik. Semoga dengan mendapatkannya predikat ini Polres Gunungkidul dapat mempertahankan predikat ini sebagai pelayanan publik sangat baik untuk kedepannya.